cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ANSIRU PAI : Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 25493051     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL ansiru PAI is a scientific journal on Teacher Training and Development of Islamic Education. The journal is managed by Master Degree Program under the Faculty of Islamic Education and Teacher Training (FITK) of the State Islamic University of North Sumatera (UIN Sumatera Utara). This journal focuses on the discussion of teacher training and development of Islamic education on the basis of four competences: pedagogical, personal, social, and professional skills. The analysis can be viewed from various perspectives of interdisciplinary studies. Jurnal Ansiru PAI is published twice a year: January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI" : 14 Documents clear
PENDIDIKAN IBADAH BAGI ANAK USIA DINI DALAM PERSFEKTIF ISLAM Amrullah Siagian
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.11159

Abstract

Pendidikan ibadah merupakan pelengkap bagi pendidikan akidah dalam agama Islam. Ibadah merupakan ransum utama untuk akidah. Mengingat ibadah merupakan refleksi dari gambaran akidah itu sendiri. Ketika seorang anak manusia menyambut panggilan Rabbnya dan menaati perintah-Nya, itu berarti dia sedang menyambut naluri fitrah dari dalam dirinya sendiri. Dengan demikian, sebagai pendidik tanpa terkecuali para orang tua dan guru mengetahui bahwa masa usia dini adalah masa untuk melakukan pembiasaan ibadah. Masa usia dini bukanlah masa dimana anak memikul beban kewajiban sebagaimana orang dewasa. Akan tetapi masa usia dini (kecil) adalah masa melakukan persiapan, latihan, dan pengenalan untuk mencapai tingkatan memikul beban kewajiban saat usia baligh, agar mudah bagi anak  untuk menjalankan segala kewajibannya. Tentu semua harapan ini akan dapat terealisasi jika anak sudah mendapatkan pemahaman dan pengalaman beribadah yang memadai sejak dini. Dengan demikian, disusunlah artikel ini dengan tujuan untuk memberikan uraian tentang urgensi dan konsep dari pelaksanaan pendidikan ibadah bagi anak usia dini dalam persfektif Islam
EVALUASI TERHADAP MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MAS PAB 1 SAMPALI MEDAN Maghfirah Amanda Putri; Muhammad Isnain Nastion; Candra Wijaya; Wanda Sudrajat Saragih
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.11748

Abstract

Upaya peningkatan kulitas pendidikan di Indonesia secara terus menerus telah dilakukan dengan baik secara konvensional maupun inovatif, seperti pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru, penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasaran pendidikan lainnya. Mengelola kelas merupakan saah satu peranan yang dilakukan seorang guru dalam proses pembelajaran, yaitu untuk menciptakan kondisi belajar yang optimal dan menetralisir keadaan jika terjadi gangguan di dalam kelas selama proses belajar mengajar. Manajemen kelas merupakan suatu kegiatan terkecil dalam usaha pendidikan yang justri merupakan “dapur inti” dari seluruh jenis manajemen pendidikan. Dalam manajemen kelas inilah kemudian terdapat istilah “pengelolaan kelas” baik yang bersifat intruksional maupun manajerial. Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahka untuk mewujudkan semua pembelajaran yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Atau dapat dikatakan bahwa manajemen kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses pembelajaran secara sistematis. 
MENGEMBANGKAN INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) Angga Fahmi
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.11202

Abstract

Education must be responsive, innovative and aspirational in accordance with what is needed by the community. This research describes the learning innovation of Islamic Education through Semester Credit System (SKS). The learning innovation of Islamic Education (PAI) through Semester Credit System (SKS) can be innovated in terms of curriculum, materials, methods and learning evaluation of Islamic Religious Education (PAI). Innovation to curriculum with Semester Credit System with continuous pattern. Innovation of the material is done by dividing the subjects of PAI into 4 subjects consisting of PAI 1 Fikih, PAI 2, Akhlak, PAI 3 Al-Qur'an Hadith and PAI 4 SKI. Innovation of learning methods offered to be applied as a whole in the subjects of Islamic Religious Education is student centered or learning centered on learners and collaborative learning. The learning evaluation innovation is generally done by taking into account and adhering to the characteristics and principles of evaluation development that still refer to the evaluation model or assessment on the curriculum of 2013.
POTENSI MANUSIA UNTUK BELAJAR MENGAJAR (Qalbu, Akal, Indra, Berfikir, Dan Motivasi) Mardinal Tarigan
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.11632

Abstract

AbstractIndeed, Allah has created humans with the best of creation, Allah has given privileges to humans in the form of giving potential or abilities for each individual including the potential of the heart, mind, five senses, potential for thinking and motivation that makes human position higher than other creatures. It is also very useful for humans in the teaching and learning process so that they can understand the gifts given by God, namely the creation of the earth, oceans and nature in which they are to be taken advantage of for humans. the task of humans is to develop the abilities that exist within themselves and take advantage of the gifts that have been given as a way to increase piety to Allah. The objectives to be achieved in this research are to understand and know the existence of human potential, as well as knowing various types of basic human potential that are useful in educating individuals so that their potential development can run optimally. This research is a type of library research, so the data obtained are sourced from the literature. Collecting data by studying, exploring and quoting theories and concepts from a number of literatures, both books, journals, magazines, newspapers or other written works that are relevant to the research topic. The results showed that each individual has the potential in the form of heart potential, mind potential, human sense potential, thinking potential and motivation potential. The role of education and the teaching and learning process in the effort to develop human potential as students and educators is very necessary so that the development of their potential can run optimally.
URGENSI PENGUATAN NILAI NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL SELAMA MENGHADAPI COVID 19 Pitriya Rahmawati
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.10784

Abstract

   Dunia pendidikan saat ini sudah mengalami banyak perubahan di dalamnya terutama kondisi selama menghadapi wabah covid 19 akhir ini,dikarenakan penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana seharusnya dan seberapa penting dan berdampak besar dan cukup berpengaruh untuk kebutuhan di dalam dunia pendidikan melihat seberapa terintegrasi dan terinterkoneksi nilai pendidikan islam mencakup dalam hal ini wawasan secara multikultural. Untuk itu perlunya perlunya menguatkan urgensi nilai berwawasan multikultural dalam pendidikan islam, Penulis pada penelitian ini menggunakan sebuah metode dengan yang salah satunya yaitu metode deskriptif dan penelitian ini merupakan sebuah analisis yang salah satunya yakni analisis pustaka di dalamnya lagi penulis menggunakan tinjauan pustaka sebagai sebuah analisanya dengan memperhatikan berbagai karya ilmiah atau berbagai proceding yang sejalan dan berkaitan dengan artikel, tema besar penulis ini. Sangat penting bahwa memahami urgensi penguatan nilai dalam hal ini pendidikan islam berwawasan multikultural dikarenakan hal tersebut memberikan pengaruh yang cukup besar untuk dunia pendidikan. Terlebih saat ini banyak berbagai stake holder pendidikan terdampak wabah covid 19, oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk melihat urgensi nilai pendidakan islam selama wabah covid 19 dalam lingkup wawasan multikultural .  Keywords:Nilai pendidikan Islam, Multikultural, Covid 19
PENGEMBANGAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIYAH NU Adelia Rizki Utami; Citra Amalia Hasibuan; Widya Ismayani; Wiwik Indah Handayani; Khadijah Khadijah
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.11662

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengembangan dari permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak 5-6 tahun di TK ISLAMIYAH NU. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen, teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik observasi, catatan anekdot dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian ini adalah melalui run test. Berdasarkan penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan motorik kasar), kecerdasan (daya pikir dan daya cipta, kecerdasan emosi, spirirual), sosial emosional (sikap dan prilaku serta beragama), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang di lalui oleh Anak Usia Dini. Maka hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan selama satu bulan serta data akhir menggunakan Run-test menunjukan hasil bahwa: Terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kogntif anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil postest dan pretest kelas eksperimen dan kontrol, Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif pada anak pada kelas eksperimen mengalami kenaikan 81,5% dari hasil sebelumnya 75% meningkat menjadi 87,25%.
ERA DIGITAL DAN TANTANGAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA Nur'Aini Zahro Sriwati
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.10735

Abstract

Zaman sekarang sering dinamakan era digital, dimana perkembangan teknologi yang makin pesat. Di Indonesia pada era digital ini menjadi sebuah tantangan dalam dunia multikultural, karena teknologi sering disalahgunakan seperti dalam bermedia sosial banyak akses yang berbau rasis sehingga hal itu akan menimbulkan berbagai konflik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan sebuah pendidikan yang membicarakan mengenai multikultural, yang bisa mengajarkan kepada manusia mengenai nilai utama dari pendidikan multikultural itu sendiri. Dengan pendidikan multikultural di era digital ini, harapannya teknologi dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Dalam penelitian menggunakan meode studi pustaka dengan sumber dan tinjauan referensi dari jurnal-jurnal yang membahas mengenai tema ini yakni era digital dan tantangan multikultural di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini supaya pembaca terutama anak generasi bangsa tidak menyalahgunakan teknologi di era digital dan mampu menghadapi tantangan multikultural di Indonesia.
KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI UPT SMP NEGERI 38 MEDAN Muhammad Hafizh Amrul
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.11706

Abstract

AbstractThe collection of school library materials is a place for providing information that plays a very important role in fostering student interest in reading. However, the problems that occur are still the weakness of human resources and the lack of collection of library materials so that it can result in a lack of student interest in the library, therefore good library management and the completeness of library materials will lead to student interest in reading. The purpose of this study was to determine the collection of library materials and the strategy of the head of the library in fostering student interest in reading at UPT SMP Negeri 38 Medan. This type of research is qualitative with a descriptive approach. Data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation. The results showed that the strategy used by the head of the library was to determine the library work program, provide training, accept street vendors from library science, cooperate with the provincial library, cooperate with teachers and give rewards to students who frequently visited the library. Constraints faced in the library management process in increasing student interest in reading at UPT SMP Negeri 38 Medan are the lack of permanent staff in the library, incomplete library facilities, inadequate facilities and infrastructure, limited library space. It is hoped that this research can be continued by the parties concernedKeywords: Book Collection, Library Materials, Student Reading Interest
IMPLEMENTASI PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MEGINTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA DI MASA PANDEMI Rizky Aditama
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.10966

Abstract

Penelitian kali ini membahas mengenai bagaimana situasi pembelajaran agama berbasis teknologi dalam kondisi pandemi. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang menjelaskan fenomena penelitian berdasarkan studi kasus dan laporan lembaga pembelajaran Islam di Indonesia. Hasil penelitian menjelaskan bahwa teknologi mengambil banyak peran dalam memberikan pengetahuan pembelajaran nilai agama dalam siswa, teknologi juga memberikan banyak kemudahan dan akses bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan yang baru. Namun kondisi ini memiliki beberapa keterbatasan baik dalam hal jaringan, kualitas pengetahuan pengajar, maupun peran orangtua yang memiliki banyak kemampuan untuk mengawasi dan mengatur kondisi siswa selama kegiatan belajar mengajar. Namun berbagai platform yang disediakan mulai dari Zoom, Google meet, whatsapp , ruang guru, dan berbagai platforn lainnya terbukti memberikan banyak kontribusi atas pembelajaran jarak jauh.
ANALISIS LAFADZ PERINTAH MENELITI DALAM AL-QUR’AN Zulham Zulham
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 6, No 1 (2022): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v6i1.11727

Abstract

Al-Quran. Allah Swt senantiasa menstimulus otak manusia agar digunakan secara maksimal untuk dapat mengenal lebih dalam -tentang kebesaran-kebesaran Allah, selain itu juga al-Qur’an mengajarkan agar manusia senantiasa mengungkapkan kebenaran dengan bukti-bukti nyata/konkrit sebagaimana yang ditetapkan dalam aktifitas penelitian. Manusia merupakan mahkluk yang dinamis dan akan terus menerus berkembang dari segala sisi, maka untuk mengoptimalkan perkembangan tersebut perlu adanya penelitian 

Page 1 of 2 | Total Record : 14